Menhan

Kastara.ID, Jakarta – Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan bahwa pihaknya masih berharap Ketua Umumnya, yakni Prabowo Subianto, tetap bersedia maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia terkait nama capres pilihan anak muda. Prabowo hanya berada di bawah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Jadi saya kira enggak ada problem. Gerindra berharap Prabowo bersedia untuk kita majukan kembali di pilpres,” kata Muzani, Selasa (23/3).

Menurut Muzani, hasil survei tersebut akan berbeda bila responden yang dilibatkan ialah masyarakat umum. Bukan hanya kalangan anak muda seperti yang dilakukan Indikator Politik.

“Jadi hasilnya tentu berbeda dan survei sebelumnya yang kami baca dari LSI berbeda kan nomor satu. Jadi, karena LSI survei lebih jamak umum pokoknya mereka sudah pemilih 17 tahun, WNI, dan seterusnya,” kata Wakil Ketua MPR itu.

Contoh pelibatan masyarakat umum sebagai responden yakni dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa waktu lalu. Hasilnya, Prabowo di posisi teratas bursa capres 2024.

Menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia, soal Pilpres 2024 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan teratas dengan persentase 15,2 persen. Disusul Ganjar 13,7 persen, Ridwan kamil (RK) 10,2 persen, dan Sandiaga 9,8 persen. Sementara Prabowo, duduk di peringkat kelima dengan 9,5 persen.

Hasil survei ini diperoleh Indikator Politik Indonesia menggunakan metode random sampling dengan sampel sebanyak 1.200 responden rentang usia 17 hingga 21 tahun yang dipilih secara acak. Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ant)