Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan penataan Terminal Kampung Rambutan, salah satunya dengan menerapkan tiket online pada seluruh PO Bus yang beroperasi di terminal tersebut.

“Di Terminal Bus Kampung Rambutan saat ini sudah diterapkan loket layanan bus AKAP dengan tiket online,” ujar Syamsul, Rabu (23/8).

Selain itu, ada penyediaan vending mesin self service dan media informasi online tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan bus AKAP yang beroperasi di Terminal Kampung Rambutan.

Menurut Syamsul, modernisasi Terminal Bus Kampung Rambutan ini merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan RI yang bekerja sama dengan Menteri Infrastruktur dan Transportasi (MOLIT) Korea Selatan.

“Rencana launching percontohan modernisasi terminal oleh Kementerian Perhubungan RI ini dilakukan pada 13 September mendatang,” ungkap Syamsul.

Selain melakukan penataan, ungkap Syamsul, pihaknya juga sudah studi banding ke Korea Selatan pada 12-18 Juli lalu. Studi banding diikuti Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni dan Kepala Terminal Leuwipanjang, Jawa Barat.

Dijelaskan Syamsul, salah satu lokasi yang dikunjungi dalam studi banding yaitu Busan Central Bus Terminal dan Rest Area di Kota Jeongan. Selain itu, mereka juga mencoba publik transportasi yang ada di Korea Selatan.

“Ini untuk melihat fungsi dan fasiltas apa saja yang terdapat di terminal dan diharapkan dapat diterapkan di Terminal Bus Kampung Rambutan,” tandasnya. (hop)