Silat Cingkrik

Kastara.ID, Jakarta – Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mengapresiasi dua tahun kepemimpinan Anies Baswedan selama menjadi Gubernur DKI Jakarta karena sudah memperhatikan seni budaya Betawi.

Wakil Ketua Bidang Pelestarian dan Pengembangan LKB Yahya Andi Saputra menilai, Anies Baswesdan memiliki strategi dan cara tersendiri dalam menangani masalah kebudayaan Betawi.

“Hanya saja tergantung mana yang lebih diprioritaskan. Untuk urusan memperhatikan budaya Betawi rasanya beliau sudah cukup keren, minat dan niatnya terhadap hal ini cukup bagus,” ujarnya, Rabu (23/10).

Yahya menjelaskan, dalam sejumlah kesempatan Anies selalu menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak hanya akan melestarikan tapi mengembangkan seni budaya Betawi.

“Banyak SDM mumpuni di Pemprov DKI, saya berharap keinginan Pak Gubernur juga bisa diterjemahkan dengan baik oleh SKPD terkait,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya Betawi adalah perhatian terhadap para pelaku maupun penggiatnya. Artinya, perlu juga dipikirkan bersama terkait dengan kaderisasi, baik dari sisi seniman, budayawan, maupun pakar seni budaya Betawi.

“Pentas dan festival itu penting, tapi kita sangat ingin ada alokasi anggaran yang semakin besar untuk membuat pelatihan-pelatihan. Sehingga, setiap saat akan ada generasi yang memiliki kualitas mumpuni terkait seni budaya Betawi,” tandasnya. (hop)