Bansos Jabar

Kastara.ID, Jakarta – Koordinator Sub Divisi Logistik Pemerintah Provinsi Jawa Barat Sri Endang mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukannya bersama PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Agro Jabar berhasil menyerahkan bantuan sosial (bansos) tahap tiga hingga 100 persen.

“Proses rekapitulasi digelar dengan penerapan protokol kesehatan. Seluruh peserta di-rapid test dan menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” ujarnya, Senin (23/11).

Dari 1.900.688 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) penerima bansos, hanya 5.553 paket yang gagal diserahkan.

Sri melanjutkan suksesnya penyaluran bansos dengan angka gagal penyerahan yang disebut kecil menunjukkan bahwa pendataan bansos yang dilakukan Pemprov Jabar sudah cukup baik dan akurat.

“Ada daerah yang nihil gagal serah bantuan, yakni Kabupaten Bogor dan Kota Cimahi, yang paling besar gagal serah ada di Kota Depok,” imbuh dia.

Lebih jauh Sri mengungkapkan, sama seperti penyaluran bansos tahap satu dan dua, Pemprov Jabar berkoordinasi dengan dengan sejumlah pihak, seperti Ombudsman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Saber Pungli. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada penerima bansos ganda.

Pendistribusian bansos provinsi tahap tiga juga disertai pelaporan ketat sesuai dengan data. Petugas harus menyerahkan paket secara langsung ke penerima, sesuai dengan kartu identitas. Apabila data nama dan alamat tidak sesuai, maka paket bansos provinsi dikembalikan untuk diverifikasi ulang.

Untuk diketahui, bansos provinsi tahap tiga mulai digulirkan secara serentak ke 27 kabupaten/kota di Jabar sejak 27 Oktober 2020 lalu. Total jumlah penerima bansos 1.907.274 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS).

Daerah paling banyak menerima bansos, yakni Kota Bandung 9,88 persen. Disusul Kabupaten Bandung (9,26 persen), Kabupaten Bogor (7,55 persen), Kabupaten Bandung Barat (6,32 persen), dan Kabupaten Garut (5,65 persen).

Sementara daerah yang paling sedikit menerima bansos, yakni Kabupaten Pangandaran dengan jumlah 0,15 persen dari total KRTS Jabar.

Adapun bansos tahap ketiga berupa uang tunai Rp 100.000, sembako senilai Rp 250.000 meliputi sarden 155 gram sebanyak 5/4 kaleng, kornet satu kaleng besar/dua kaleng kecil, minyak goreng 1 liter, beras 5 kg, susu 5 pcs, vitamin C 1 paket, gula pasir 1 kg, garam 500 gram, dan masker 4 pcs. (ant)