KDS

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Depok mulai menyalurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS) di tiga kecamatan, yaitu Cimanggis, Cilodong, dan Pancoran Mas. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri turun langsung memonitoring jalannya penyerahan KDS untuk 177 warga Cimanggis yang diawali dengan penandatanganan buku rekening Bank Jawa Barat (BJB), Kamis (23/12).

Camat Cimanggis Abdul Rahman ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, penerima bantuan sosial (bansos) Kartu Depok Sejahtera (KDS) di kecamatannya sudah sesuai dengan kriteria secara teliti mungkin. Pasalnya, yang telah dilakukan pendataan dan verifikasi lapangan oleh petugas dan koordinator di masing-masing kelurahan dan dinyatakan valid datanya.

“Insya Allah penerima bantuan ini sudah memenuhi persyaratan dan pata petugas mendatangkan langsung ke rumah-rumah si penerima, karena sebelumnya sudah dilakukan pendataan,” katanya.

Camat Cimanggis Abdul Rahman menambahkan, penerima bansos KDS sebelumnya tidak pernah sama sekali menerima bantuan baik itu dari pemerintah pusat maupun Provinsi Jawa-Barat. Adapun besaran bantuan yang diterima setiap bulannya Rp 150 ribu untuk ditukarkan dengan bahan pokok.

Camat berharap, dengan bansos tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warganya yang terpenting bisa bermanfaat bagi penerima KDS. Akan tetapi nantinya jika penerima bantuan sudah dinyatakan sejahtera, maka akan diberikan kepada yang lainnya.

“Pendataan akan dilakukan secara berkala oleh koordinator di kelurahan. Semoga bantuan ini benar-benar menjadikan warga sejahtera sehingga nantinya dapat bergilir ke warga lainnya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebanyak 177 warga dari enam kelurahan di Kecamatan Cimanggis menerima KDS. Untuk di Kelurahan Cisalak Pasar 22 warga, Kelurahan Curug 52 warga, Kelurahan Mekarsari 21 warga, Kelurahan Harjamukti 35 warga, Kelurahan Pasir Gunung Selatan 21 warga, dan Kelurahan Tugu 26 warga. (*)