Pada pekan balapan MotoGP Spanyol mendatang, keputusan akhir pengadilan tentang hukuman Marquez bakal diputuskan tepat sebelum balapan di Jerez.

Seperti diketahui sebelumnya, FIM Stewards Panel menjatuhi hukuman Double Long Lap Penalty untuk pembalap bernomor start #93 itu, namun ada perubahan redaksi setelah pemberitahuan awal.

Perubahan inilah yang diprotes oleh Honda dan mereka mengajukan banding.

Presiden FIM, Jorge Viegas, mengatakan bahwa keputusan Pengadian Banding MotoGP akan segera keluar untuk menuntaskan masalah ini.

Di sisi lain, Viegas memberikan pendapatnya tentang situasi Marquez, menurutnya pembalap Cervera itu seharusnya menjalani saja penaltinya agar tak ada kesan menghindari hukuman.

“Untuk saat ini, ada penangguhan, tapi keputusan akhir akan diumumkan pada awal pekan depan,” tandas Viegas kepada GPOne.com dan dilansir Paddock-GP.com.

“Sayangnya Stewards Panel membuat keputusan yang tidak jelas dan Honda mengajukan banding. Saya membicarakannya dengan Puig dan saya memahami alasannya untuk mengajukan banding,” jelas pria Portugal itu.

Viegas mengatakan, Marquez seharusnya menjalani saja penalti agar tak ada kesan tak ingin dihukum.

“Jika saya adalah Marc saya akan menjalani hukuman tanpa mengajukan banding, agar tidak memberi kesan kepada orang-orang bahwa ingin menghindarinya,” pungkas Viegas.

Akhir pekan ini bakal berlangsung MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. (tra)