Festival Duren Mekar Keren 2021

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Duren Mekar berkomitmen menggeliatkan kembali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Salah satunya melalui Festival Duren Mekar Keren 2021 (23/11).

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan pada Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Prima Puspanita mengatakan, festival tersebut melibatkan sebanyak 50 pelaku UMKM. Produk yang dijajakan pun beragam, dari kuliner, fashion dan kerajinan tangan sehingga menarik banyak minat pengunjung.

“Festival ini merupakan salah satu kegiatan wajib untuk menjaring dan memunculkan potensi para pelaku seni budaya dan UMKM agar bisa tampil di wilayah sendiri,” ungkapnya di sela acara sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok.

Prima menuturkan, festival ini digelar sekaligus memperingati Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember. Sebab, menurutnya, pelaku UMKM kebanyakan ditekuni oleh kaum perempuan dan ibu.

Selain bazar makanan, lanjutnya, festival tersebut juga dirangkai dengan pentas seni. Seperti tarian, palang pintu, lomba menggambar dan lain sebagainya.

“Melalui festival ini, produk khas wilayah Duren Mekar bisa diperkenalkan ke masyarakat, yaitu abon ikan patin, sehingga dapat membangkitkan perekonomian warga sekitar,” tutupnya. (dha)