Temukan TBC Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC)

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan Kota Depok menggelar web seminar (webinar) memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia setiap tanggal 24 Maret. Kegiatan tersebut bertajuk TOSS TBC atau Temukan TBC Obati Sampai Sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakajn, webinar ini diikuti oleh sejumlah Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas di Kota Depok. Dengan tujuan agar penanganan penyakit TBC di Kota Depok semakin baik.

“Kami menghadirkan dua orang narasumber. Ada Dokter Marion Siagian dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dokter Lusi Nursilawati Syamsi sebagai dokter spesialis paru,” tuturnya seperti diwartakan situs rsmi Pemkot Depok, Kamis (25/3).

Menurut Novarita, pada webinar ini sejumlah materi diberikan seputar strategi penanganan TBC, tujuan dan target, sebaran kasus TBC di Jawa Barat. Selain itu, juga protokol layanan TBC saat pandemi dan obat-obat TBC.

“Sasaran untuk Dinkes Depok, salah satunya membuat Rencana Aksi Daerah (RAD) untuk pencegahan dan pengendalian TBC,” jelasnya.

Lebih lanjut, ucapnya, Dinkes Depok juga akan berupaya meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian TBC. Lalu menempatkan TBC sebagai isu utama di setiap sektor dan lain sebagainya.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan penanganan penyakit ini semakin baik dan angka TBC dapat menurun di Kota Depok. Karena setiap detik berharga, ayo selamatkan bangsa dari Tuberkolosis,” pungkasnya. (lan)