Keracunan

Kastara.id, Jakarta – Geger ratusan siswa SMPN 184 yang keracunan makanan saat mengikuti Jambore di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, terungkap. Peristiwa keracunan massal ini terjadi Minggu siang, 24 September 2017.

Sebanyak 163 siswa diketahui mengalami gejala keracunan usai menyantap makanan yang telah disiapkan penyelenggara. Para siswa diduga keracunan makanan katering berupa tahu yang menjadi salah satu lauknya.

Menurut Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Andry Wibowo, peristiwa keracunan makanan tersebut terjadi sekitar pukul 11.20 WIB pada hari Minggu, 24 September 2017. Setelah para siswa menyantap makan nasi kotak dari katering yang disediakan, sejumlah siswa mengalami mual dan muntah-muntah, bahkan di antaranya ada yang pingsan.

“Jadi mereka makan, terus gak lama mual, muntah-muntah. Tidak lama habis itu, sejumlah siswa mengalami pingsan,” ujar Kombes Pol Andry, Senin (25/9).

Belakangan diketahui kalau makanan yang disantap para siswa tersebut dipesan dari salah satu katering di Pasar Rebo. Salah satu siswa yang menjadi korban mengungkapkan seperti ada yang aneh dengan rasa tahu dalam nasi kotak itu.

“Dari keterangan salah satu siswa, mereka memang merasa aneh ketika menyantap lauk tahu. Yang tidak memakan tahu tidak apa-apa,” kata Andry.

Hingga saat ini, para siswa yang menjadi korban masih mendapat perawatan. Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. “Saat ini mereka sudah mendapatkan perawatan di sejumlah rumah sakit,” ujar Andry. (ama)