FX Hadi Rudyatmo

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) FX Hadi Rudyatmo telah mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, kemarin (24/10). Hal ini menimbulkan anggapan Rudy, panggilan FX Hadi Rudyatmo, datang untuk mengimbangi manuver Gibran Rakabuming Raka yang sowan ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada hari yang sama.

Putra sulung Presiden Jokowi itu dikabarkan mendatangi Megawati demi mendapat restu maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surakarta pada 2020.

Saat memberikan keterangan pada Jumat (25/10), Rudy membantah kedatangannya ke Kantor DPP PDIP, Jakarta untuk membendung langkah Gibran. Pria yang kini menjabat Wali Kota Surakarta itu mengaku datang ke Jakarta dalam rangka mendatangi sebuah acara. Meski demikian Rudy enggan menjelaskan acara apa yang dimaksudnya.

Terkait pertemuan Gibran dengan Megawati, Rudy mengaku tidak mempermasalahkan. Namun mantan pendamping Jokowi kala menjadi Wali Kota Surakarta ini memperingatkan DPP tentang nama pasangan calon yang akan maju dalam Pilkada Kota Surakarta 2020. Apa pun keputusan DPP, Rudy menegaskan pihaknya akan bersikap tegas terhadap hasil rekomendasi yang bakal diputuskan DPP.

Rudy menambahkan, sikap tegas diambil lantaran dirinya mengemban amanat para kader PDIP Kota Surakarta yang telah sepakat mengusung pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Namun Rudy enggan mengatakan keputusan tegas apa yang bakal diambilnya.

Sementara Sekretaris DPC PDIP Kota Surakarta Teguh Prakosa menjelaskan kedatangan Rudy ke Jakarta untuk memenuhi undangan DPP dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Teguh yang ikut menemani Rudy bersama Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surakarta Putut Gunawan mengatakan dalam acara tersebut seluruh daerah yang bakal menggelar Pilkada ikut hadir. (rya)