John Wempi Wetipo

Kastara.ID, Jakarta – John Wempi Wetipo jadi wakil menteri (Wamen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) periode 2019-2024. Wempi mendampingi Basuki Hadimuljono setelah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wempi menjelaskan pesan Jokowi setelah bertemu adalah untuk mempercepat pembangunan di wilayah timur.

Wempi sendiri bukan orang baru di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Jayawijaya selama dua periode antara 2008 dan 2018.

Pria kelahiran 15 September 1972 ini memiliki latar belakang seorang politisi. Ia meniti karir sebagai pegawai negeri pada 1996, secara perlahan karirnya mulai menanjak hingga ditunjuk sebagai Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Jayawijaya.

Prestasi selama menjabat sebagai bupati, Wempi berhasil memprakarsai Festival Budaya Lembah Baliem. Ia juga menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait manajemen keuangan di Kabupaten Jayawijaya.

Atas prestasinya itu, ia kembali terpilih memimpin Kabupaten Jayawijaya pada 2013 dengan perolehan suara mutlak lebih dari 91 persen.

Pada 2018 lalu, ia sempat berpartisipasi dalam pemilihan gubernur Papua tetapi kalah dari petahana Lukas Enembe karena ia hanya mengantongi suara sebesar 32,5 persen. (rya)