Terbukti, sejak Ahad (24/12) hingga siang hari ini, angka wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat wisata tersebut mencapai 161.333 orang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas, Muhammad Isa Sarnuri mengatakan, jumlah wisatawan ini bisa terus bertambah karena pengunjung masih terus berdatangan.

Sejak pukul 06.00-12.00 siang tadi, tercatat sudah 4.508 pengunjung yang datang ke tugu dan kawasan Monas. Sedangkan pada Ahad (24/12) kemarin, jumlah pengunjung mencapai 156.825 orang.

“Kami memprediksi, hingga malam hari jumlah pengunjung semakin meningkat. Bukan hanya dari domestik, pengunjung ada yang dari Jerman, Australia, Jepang, Korea, Malaysia, dan China,” ujar Isa, Senin (25/12).

Isa menjelaskan, loket kunjungan ke Tugu Monas ditutup pada pukul 17.00. Sementara kawasan area Monas dioperasikan hingga pukul 22.00. Di musim liburan kali ini, para pengunjung dihibur dengan penampilan video mapping tugu dan air mancur menari yang diselenggarakan hingga 31 Desember 2023.

Ia melanjutkan, dengan lonjakan jumlah pengunjung, pihaknya terus mengingatkan wisatawan melalui pengeras suara agar tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak tanaman di kawasan Monas.

“Kami telah menyiagakan ratusan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah yang berserakan. Termasuk juga petugas pengaman dari internal, Satpol PP, TNI, Polri agar kawasan Monas tetap kondusif,” tandasnya. (hop)