Jiwasraya

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wrijoatmodjo mengatakan PT Asuransi Jiwasraya akan mulai melakukan pembayaran klaim nasabah tahap pertama pada Senin (30/3). Tiko, panggilan Kartika Wrijoatmodjo, menjelaskan pada tahap pertama ini disediakan dana sebesar Rp 400 miliar.

Saat memberikan keterangan pada Jumat (27/3), Tiko menyebut dana awal Rp 400 miliar itu didapat dari hasil penjualan obligasi perusahaan dan aset properti perusahaan. Namun Tiko mengatakan Kementerian BUMN masih akan melakukan rapat dengan Komisi VI DPR. Tiko menyebut pihaknya akan memprioritaskan para pensiunan pada pembayaran tahap pertama ini. Para nasabah yang mendapat prioritas sebelumnya telah diverifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Nantinya para nasabah prioritas akan mendapat konfirmasi langsung dari Jiwasraya terkait jumlah pencairan dananya. Setelah konfirmasi, menurut Tiko, nasabah akan cair sepekan kemudian. Namun terkait mekanismenya, Tiko menyebut akan kembali berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk DPR.

Sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya berencana menjual aset Jiwasraya, seperti kantor Jiwasraya, hingga pusat perbelanjaan Cilandak Town Square (Citos) di Jakarta Selatan. Aset tersebut akan ditawarkan ke sesama perusahaan milik negara. Selain itu, Jiwasraya juga akan menjual obligasi perusahaan. Hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk pelunasan klaim nasabah yang tertunda. (ant)