Kastara.id, Jakarta – Ajang pameran otomotif menjadi momen yang selalu dinantikan, terutama dengan diperkenalkannya produk-produk terbaru dari beragam segmen. Seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang menjadi agenda rutin tahunan pameran otomotif terkemuka di Tanah Air. Sejak dua tahun terakhir IIMS menggunakan tema besar The Essence of Motor Show untuk mewujudkan esensi utama dari perkembangan industri otomotif di tanah air.

Tema besar IIMS 2017 ini terbukti menjadi magnet bagi masyarakat untuk mengunjunginya. “Setiap penyelenggaraan IIMS, pengunjung yang datang akan menjadi pasar potensial bagi para peserta IIMS 2017,” ujar Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh yang akrab disapa Koh Hen di sela pembukaan IIMS 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta (27/4).

Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan roda dua dan roda empat terkemuka tampil dengan produk unggulannya disertai kreativitas yang dikemas dalam berbagai acara menarik di ajang IIMS 2017. APM mobil yang hadir di IIMS 2017 kali ini di antaranya adalah PT KIA Mobil Indonesia (KIA), PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki), PT General Motors Indonesia (Chevrolet), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (Mitsubishi), PT Mercedes-Benz Indonesia (Mercedes-Benz), PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda), PT Hyundai Mobil Indonesia (Hyundai), PT BMW Indonesia (BMW), PT Garuda Mataram Motor (VW dan Audi), PT Astra Daihatsu Motor (Daihatsu), PT Toyota Astra Motor (Toyota), PT Honda Prospect Motor (Honda), PT Tata Motor Indonesia (Tata) dan MINI (PT Maxindo International Nusantara Indah). Juga hadir PT Indomobil Trada Nasional lewat produk merek Nissan, Datsun, dan Renault, serta distributor lain lewat merek Jeep dan Dodge.

Tak ketinggalan APM roda dua seperti PT Maxindo Moto (BMW Motorrad), PT Astra Honda Motor (Honda), PT Kawasaki Motor Indonesia (Kawasaki), PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Yamaha), PT Distributor Motor Indonesia (Royal Einfield), PT Smart Motor Indonesia (Kymco), dan PT Premier International yang mengageni merek Piaggio, Vespa, Aprillia, dan Moto Guzzi.

Penasaran dengan produk baru apa saja yang diusung APM di IIMS 2017, simak saja jajaran produk yang dipamerkan. Dimulai dari pabrikan terbesar PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang mengusung tema Let’s Go Beyond. Kali ini TAM memajang 20 unit dari 13 model unggulannya. Mulai dari segmen kendaraan penumpang hingga komersial. Di antaranya Toyota New Agya yang baru saja diluncurkan awal April 2017 lalu yang menurut Presdir TAM Yoshihiro Nakata telah mencapai 2.600 unit (SPK).

(Baca juga: Inilah Jajaran Mobil dan Sepeda Motor Unggulan di IIMS 2017 (2))

Sedangkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan tema “Brand New Excellence of Mitsubishi Motors”, kali ini meluncurkan tiga produk baru yang diunggulkan yaitu Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate, New Triton minor change, serta New Triton GLX 4×2 Single Cabin “Hi-Rider”. Menurut Direktur Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, selain memperkenalkan hasil pengembangan produk kendaraan penumpang baru, Mitsubishi sekaligus mensosialisasikan kembali kendaraan-kendaraan Mitsubishi yang sudah dipasarkan dan mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Kehadiran All New Honda CR-V yang mengusung mesin baru, yaitu 1,5 liter VTEC Turbo tak pelak menjadi salah satu bintang di ajang IIMS 2017. PT Honda Prospect Motor dengan bangga memperkenalkannya sekaligus menjadi generasi penerus varian lama yang bermesin 2,4 liter. Desain baru All New CR-V terletak pada lampu depan serta lampu belakang. Pada interiornya juga mengakomodasi bangku baris ketiga yang mampu mengangkut tujuh penumpang.

Takehiro Watanabe selaku Presiden Director PT HPM mengungkapkan bahwa Honda CR-V selalu menghadirkan teknologi terbaru, fitur terdepan serta desain yang premium pada setiap generasinya. “All New CR-V saat ini hadir dengan desain yang berkarakter, serta performa semakin bertenaga yang disertai ruang kabin berkapasitas 7 penumpang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu PT Kia Mobil Indonesia (KMI) yang menjadi kepanjangan tangan pabrikan asal Korea memajang generasi terbaru hatchback andalannya. Ya, KIA All New Rio menjadi generasi keeempat yang kali ini ini tampil lebih fresh dengan kesan agresif lewat grill tiger nose terbaru. Desain tampak depannya dipadu dengan lampu depan baru (Bi Function Headlamp) dan juga DRL LED.

Kia Rio, seperti dijelaskan Presdir KMI Iki Wibowo, kini hadir lebih elegan dan stylish. “Harapan kami semoga Kia Rio generasi keempat ini semakin diterima oleh masyarakat Indonesia,” kata Iki Wibowo. (dwi)