Kastara.id, Jakarta – Kehadiran Honda PCX sebagai skutik premium kini telah didampingi produk premium terbaru yang dipasarkan PT Astra Honda Motor (AHM). Skutik SH150i menjadi pendatang baru di jajaran produk premium skuter Honda sekaligus menandai kehadirannya pertama kali di Indonesia di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

Kastara.id pun sempat berbincang dengan Sarwono Edhi dari Technical Service Division AHM seputar keunggulan skutik premium Honda yang disebut-sebut sangat populer di Eropa. Menurutnya, secara keseluruhan tak ada yang berbeda dengan versi Eropa, termasuk spesifikasinya. “Hanya spesifiksinya saja yang disesuaikan dengan standar Euro yang masih berlaku di Indonesia,” katanya usai peluncuran SH 150 di IIMS 2017 (27/4).

Hal itu diamini oleh Presiden Direktur PT AHM Toshiyuki Inuma bahwa skutik premium Honda ini serupa dengan yang dipasarkan di Eropa. “Perbedaannya hanya ada pada bracket pelat nomor, kemudian mesin yang menyesuaikan dengan standar Euro di Indonesia,” ujar Inuma.

Tampilan SH150i memang kental bergaya ala Eropa. Desain styling Dynamic dan Light Feeling terlihat jelas pada lengkungan garis bodi dari depan hingga ke buritan. Lampu depan, lampu belakang, dan juga lampu senja, semuanya sudah mengadopsi jenis LED.

Aplikasi rangka high-tensile steel tubular underbone-nya diklaim rigid dan kuat dengan jarak sumbu roda 1.340 mm. Pada bagian kaki-kaki, seperti dituturkan Sarwono Edhi, sudah menggunakan velg die-cast alumunium berukuran 16 inci berikut ban tubeless.

Sedangkan suspensi belakangnya menggunakan dual damper swing arm dengan 5 langkah pre-load, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Sementara suspensi depannya menggunakan teleskopik fork berdiameter 33 mm. Menariknya, SH 150i ini sudah dilengkapi dengan Antilock Braking System (ABS).

SH150i mengusung mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 150cc berteknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang mampu menghasilkan daya maksimal hingga 10,9 kW (14,6 tk) @8.250 rpm, dengan torsi 13,9 Nm @6.500rpm.

Teknologi eSP milik Honda juga sudah dipadu dengan ACG Starter. Ditambah fitur Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis akan mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik. Dan untuk menghidupkannya kembali hanya perlu menarik tuas gas. Praktis.

Soal keiritan bahan bakar, SH150i diklaim paling efisien di kelasnya. Berdasarkan tes internal AHM dengan metode Euro 3, skutik premium ini mampu menempuh 40.9 km untuk setiap liter bahan bakarnya. Angka konsumsi bahan bakar tersebut diperoleh dalam kondisi ISS diaktifkan. Kenyamanan perjalanan jauh juga ditunjang dengan kapasitas tangki terbesar di kelasnya, yakni 7,5 liter.

Selain fitur standar samping otomatis (Side Stand Switch), yang membuat mesin tidak dapat hidup dalam posisi turun, juga terdapat power charger di dalam console box. Sedangkan bagasinya bisa menyimpan helm full face.

Selain itu, kunci kontak SH150i sudah mengadopsi teknologi smart key system layaknya kendaraan premium modern. Pengendara tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin, membuka jok, dan tangki bensin, serta mengunci setang kemudi.

Soal harga, skutik premium Honda ini dibanderol Rp 44,9 juta (on the road Jakarta). (dwi)