Waisak

Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat Jakarta yang heterogen menjadi miniatur keberagaman dalam persatuan. Beragam etnis, suku dan agama menjadi bagian masyarakat Jakarta yang hidup rukun dan damai dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Ketua Dewan Pakar Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Provinsi DKI Jakarta, M. Rico Sinaga mengatakan, pesan yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri perayaan Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat merupakan fakta empirik.

“Saya tentu sepakat dengan Pak Gubernur Keberagaman itu adalah kodrati bahwa keberagaman itu adalah ciptaan Tuhan, karena itulah yang perlu kita harus usahakan adalah merawat persatuan. Ini yang harus kita terus jaga di Jakarta dan terus kita rawat untuk keutuhan Indonesia,” ujarnya (26/5).

Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) ini menuturkan, persatuan adalah modal penting dalam melaksanakan berbagai program pembangunan, tidak hanya pembangunan fisik, tapi juga non-fisik.

“Pak Anies terus menggelorakan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi. Artinya, semua harus bersatu-padu, bahu-membahu, saling membantu agar hal yang diinginkan dapat mudah terealisasi dan ada rasa memiliki untuk ikut merawat dari masyarakat,” terangnya.

Rico merasa bangga dengan kehadiran Anies dalam acara peringatan Hari Waisak tersebut. Bahkan sejak awal diundang Anies langsung menyatakan bersedia hadir langsung. Ini menandakan Anies adalah pemimpin bagi semua, mengayomi dan menghadirkan rasa aman serta kondusif bagi pemeluk agama di Ibukota.

“Mari kita dukung segala upaya untuk menjaga persatuan dan Jakarta bisa segera bangkit dari dampak-dampak negatif pandemi COVID-19,” tandasnya.

Untuk diketahui, perayaan Hari Waisak tahun ini mengangkat tema “membangkitkan Semangat Persatuan untuk Indonesia Maju”.

Perayaan Waisak di JIExpo Kemayoran dihadiri Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Hartati Murdaya Poo dan Komisaris Utama PT JIExpo International Murdaya Poo. Sementara sejumlah tokoh yang menyampaikan sambutan secara virtual di antaranya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pelaksanaan perayaan Hari Waisak di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, tersebut diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran COVID-19. (hop)