Pekan Budaya Nusantara

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pekan Budaya Nusantara di Balai Kota DKI Jakarta mulai 28-30 Januari 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia berharap, kegiatan ini dapat melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya Jakarta. Karena itu, pihaknya mendorong generasi milenial untuk mengembangkan kreativitasnya dengan menggelar kegiatan seperti ini.

“Harapannya acara-acara seperti ini semakin banyak dan misi untuk menyebarkan cinta tanah air dan bangga budaya Indonesia, kita harapkan terus meningkat,” ujarnya di lokasi, Selasa (28/1).

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri menambahkan, kegiatan ini juga menghadirkan tari tradisional, fashion show, pameran batik, bazar, penggalangan dana bantuan banjir hingga talkshow. Terdapat sekitar 70 stan pedagang yang berjejer rapi di lantai dasar Blok G Balai Kota DKI Jakarta.

“Anak-anak milenial ini hasil dari binaan kami. Kita berkolaborasi dan hari ini tercipta ada sekitar 70 lebih pedagang berkumpul di sini dalam rangka kemajuan ekonomi di Jakarta,” katanya.

Di tempat yang sama, pemilik stan tenun Kenes, Veronica Indriyanti (53) mengaku ikut dalam pameran ini karena ingin sekali mengenalkan tenun kepada masyarakat luas. Terlebih, penikmat kain tenun semakin hari makin turun jumlahnya

“Saya sudah menjual kain tenun selama tujuh tahun. Yang suka kain tenun masih sedikit. Padahal ini kan budaya yang harus kita lestarikan,” tandasnya. (hop)