Kastara.ID, Ricardo Tormo — Akhirnya yang dinantikan penggemar dan penonton MotoGP kini tampil di publik. Ya, tentu saja juara dunia delapan kali, Marc Marquez, yang mengendarai Ducati untuk pertama kalinya.

Marquez tampil dengan warna hitam merah di atas GP23 milik Gresini Racing, menjajal mesin Italia dalam tes satu hari di Valencia. Ini menjadi kali pertama Marquez mengendarai motor lain di kelas utama sejak debut pada 2013 silam.

Marquez telah membalap untuk Repsol Honda selama 11 musim lamanya dengan meraih total enam gelar kelas utama. Kini, petualangan barunya dengan Ducati baru saja dimulai dengan tes yang sangat dinantikan. Ini adalah penampakan perdana motor Ducati Desmosedici GP23 milik Marquez di tim Gresini Racing.

Tak hanya Marquez, ada juga beberapa nama lain yang pindah dan naik kelas MotoGP. Pedro Acosta akan membalap untuk tim satelit KTM, yakni GASGAS Tech3 mulai 2024 dan menjadi satu-satunya rookie dan inilah penampilan perdananya.

Juga Fabo Di Giannantonio akhirnya berhasil bertahan di MotoGP dengan pindah ke VR46 Racing, tetap menggunakan Ducati.

Demikian pula dengan aksi pertama Alex Rins dengan motor Yamaha M1 2024 di tim pabrikan Monster Energy Yamaha. Franco Morbidelli juga akhirnya menunggangi Ducati di tim Prima Pramac Racing.

Beginilah penampakan Luca Marini yang jangkung di atas motor Honda RC213V dengan menggunakan nomor start #10 miliknya.

Tak hanya itu, semua pembalap lain juga menguji motor baru mereka masing-masing, kecuali pembalap Portugal, Miguel Oliveira.

Oliveira sedang mengalami cedera usai kecelakaan di MotoGP Qatar dan melewatkan seri final Valencia dan juga tes pekan ini. (tra)