Kasudin LH Jakarta Timur, Eko Gumelar mengatakan, rencana pembangunan TPS 3R ini sudah dibahas tahun lalu dan akan direalisasikan 2024 ini. Untuk perencanaan dan desain sudah dilakukan dinas, tinggal pelaksanaan pekerjaan oleh unit yang dipimpinnya.

Menurut Eko, konsep desain TPS 3R ini sama seperti yang ada di Komplek Kebersihan RW 09 Kelurahan Ciracas. Saat in pelaksanaan masih menunggu proses lelang terlebih dahulu.

“TPS 3R di Rawa Terate ini kapasitasnya 25 ton per hari. Ini untuk menangani sampah di Kelurahan Rawa Terate dan Jatinegara,” ujar Eko, Senin (29/1).

Jika proyek ini terlaksana, ucap Eko, maka Jakarta Timur akan memiliki TPS 3R di tiga lokasi. Yakni di Kelurahan Ujung Menteng, Ciracas, dan Rawa Terate.

Sementara Sekretaris Kelurahan Rawa Terate, Daniel Wisnu Parulian mengatakan, TPS 3R ini memang disiapkan untuk menangani sampah yang meluber di sepanjang Jalan KRT Radjiman. Sehingga terlihat kumuh dan semrawut.

Jika nanti sudah dibangun, jelas Daniel, maka gerobak sampah yang berada di kawasan Jalan KRT Radjiman akan diambil dan semua sampahnya langsung diarahkan untuk dibuang di TPS 3R ini.

Ditambahkan Daniel, selain di Jalan KRT Radjiman TPS 3R ini juga disiapkan untuk menampung sampah di RW 04, 05, dan 06. Sedangkan sampah di RW 01, 02, dan 03 saat ini sudah memiliki TPS tersendiri.

“Kita berharap, TPS 3R ini cepat dibangun di wilayah RW 04 karena lahannya sudah tersedia,” tukas Daniel. (hop)