Gowes Nusantara 2019

Kastara.ID, Jakarta – Gowes Nusantara 2019 yang mengusung tema “Kita Semua Bersaudara” akan kick off di Kota Padang, Sumatera Barat, lusa, tanggal 31 Maret 2019. Hal itu dikatakan Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta saat konferensi pers, Jumat (29/3) siang di Media Center Kemenpora.

Menurut Raden Isnanta, melalui tema ini akan dapat mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia apapun sukunya, bahasanya, warna kulitnya, juga agama yang dianutnya. “Saya berharap melalui program Gowes Nusantara 2019 ini dapat merangkai dan menguatkan persatuan di kebinekaan, sesuai dengan tema yang diusung. Dengan bergowes bersama-sama oleh komunitas-komunitas sepeda maupun personal akan tercipta interaksi sosial yang positif,” ucapnya yang didampingi Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Rahardjo.

Ia melanjutkan, program yang bertujuan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga ini akan dilaksanakan di 50 Kabupaten/Kota dan 48 Kabupaten/Kota yang dilalui oleh Gowes Fun dan Gowes jelalah. “Puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada tanggal 9 September,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan Gowes Nusantara 2019 ini bekerja sama dengan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sejauh mana menjaga ketahanan keluarga melalui olahraga dengan melakukan gaya hidup sehat serta menjauhkan diri dari narkoba. “Gowes Nusantara menjadi komitmen Kemenpora untuk terus menyelenggarakan program dan kegiatan olahraga yang secara langsung menyentuh dan mengajak masyarakat untuk berolahraga demi mencapai budaya hidup yang sehat. Pada tahun ini kita bekerja sama dengan BKKBN,” jelasnya.

“Pada tahun ini, aktivitasnya nyaris sama, kita selalu mengempanyekan Ayo Olahraga, kalau tahun sebelumnya kita sekaligus mengumpulkan tanah dan air sebagai simbol kekuatan Indonesia. Dan tahun ini, kita kuatkan lagi persaudaraan melalui olahraga. Kita bersinergi dengan BKKBN untuk mengkampanyekan Ayo Olahraga melalui olahraga bersepeda maupun olahraga apapun dimulai dari keluarga,” katanya.

Sementara itu salah satu tim penjelajah Gowes Nusantara 2019 Ade Imanudin menjelaskan, jelajah Gowes Nusantara direncanakan akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2019 yang startnya dari titik Nol Kilometer yaitu Sabang, di titik inilah kita akan mulai penjelajah yang selanjutnya akan menyusuri Papua mulai Jayapura menuju ke wilayah Papua Barat melalui Manokwari, Sorong dan Raja Ampat.

“Selanjutnya kita akan  masuk ke wilayah Provinsi Maluku Utara, Ternate, Tidore dan Kepulauan Halmahera menuju ke Maluku, Ambon dan Pulau Seram. Kemudian lanjut  menyeberang menuju Pulau Timor, perbatasan dengan negara Timor Leste, kemudian ke Pulau Sumba. Tahun ini direncanakan penjelajah Nusantara akan masuk ke Pulau Sumba dan eksplorasi seluruh wilayah kabupaten yang ada di Pulau Sumba mulai dari Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Timur, dan lanjut kita akan menyebrang Ke Nusa Tenggara Timur,” tambahnya.

Ia melanjutkan, rencananya sampai ke Pulau Flores Larantuka kemudian menuju Maumere, Ende, hingga kemudian ke Labuan Bajo dan ke Pulau Sumbawa. Terakhir ke wilayah Nusa Tenggara Barat dan direncanakan tanggal 1 September finis bersamaan dengan kegiatan Gowes Nusantara 2019 secara nasional di kota Mataram. (lan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *