Orkes Melayu PMR

Kastara.id, Jakarta – Pelaksanaan MARKAS (Market & Komunitas) telah berakhir Minggu, 27 Agustus 2017 lalu. Diawali Sunday Morning Ride bersama Komunitas Roda Dua KASKUS bekerja sama dengan Komunitas Parjo, talkshow bersama selebgrams di Community Lounge, hingga ditutup oleh penampilan Kahitna di area panggung utama.

Festival yang digelar KASKUS dan Dyandra Promosindo ini mengusung konsep O2O (Online to Offline) dan berhasil menarik 32.000 pengunjung. Mereka diajak menjelajahi area Playground dan Otoground, menghadiri talkshow bersama selebgrams di Community Lounge, dan menikmati penampilan musisi ternama Indonesia lainnya seperti Sheila on 7, Barasuara, Rocket Rockers, Burger Kill, Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR), 90’s Hip Hop, dan Elephant Kind.

Menurut Andrew Darwis selaku pendiri KASKUS, pihaknya merasa senang sekali melihat semangat dan antusiasme Kaskuser dan masyarakat umum yang hadir untuk mengeksplor MARKAS tahun ini baik yang tinggal di area Tangerang Selatan maupun sekitarnya. “Energi dan dukungan positif dari teman–teman yang hadir ini pastinya akan menjadi dorongan bagi kami untuk menghadirkan kembali MARKAS dengan area yang lebih seru dan lebih beragam lagi komunitas maupun seller-nya di waktu mendatang,” katanya.

Sementara Chief Marketing Officer KASKUS Ronny W. Sugiadha mengungkapkan harapannya agar komunitas di KASKUS semakin solid. “Kami harap momen MARKAS 2017 ini tidak hanya menghibur para pengunjung tetapi semakin menguatkan persaudaraan antar komunitas di KASKUS agar semakin solid dan mungkin menambah anggota baru sehingga menjadi lebih besar lagi,” ujarnya.

Sedangkan Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh mengatakan, konsep yang menarik didukung dengan lokasi strategis membuat MARKAS menjadi pilihan pengunjung untuk menikmati akhir minggunya dengan pengalaman yang berbeda bersama teman maupun keluarga. “Kami tentunya senang melihat pengunjung ramai menikmati ragam keseruan yang dihadirkan di MARKAS. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kami untuk menghadirkan konsep acara yang lebih menarik lagi ke depannya,” kata pria yang akrab disapa Kohen ini.

MARKAS 2017 digelar selama dua hari (26–27 Agustus 2017) di Bintaro Xchange. Dibagi menjadi dua area utama yaitu playground dan diramaikan oleh 90 tenant bazaar F&B, lifestyle, serta fashion, promo Happy Hour, serta Live Auction. Sementara area otoground diramaikan oleh ragam modification showcase, Cellograffiti performance, dan Pinstripping art performance.

Hari pertama MARKAS 2017 (26/8) dimulai dengan pembukaan yang dihadiri Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Founder KASKUS Andrew Darwis, Chief Marketing Officer KASKUS Ronny W. Sugiadha, dan Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

Sementara Community Lounge diramaikan oleh beragam talkshow bersama selebgrams seperti Agung Hapsah, Kok Bisa, Tsamara Amany, Hey Bro TV, Bonaventura Genta, Traveller KASKUS, dan juga BBQ Party di area Otoground. Hari terakhir MARKAS 2017 diawali dengan Sunday Morning Ride dan dilanjutkan interaksi seru bersama Geraldy Tan, Kunto Aji, Tahi Lalats, RRQ Team, BOOM ID, Revival TV, Dhinoharyoo, dan Ardina di Community Lounge.

Gelaran MARKAS tahun kedua ini turut diramaikan oleh komunitas–komunitas KASKUS yaitu Photography KASKUS, SJCAM KASKUS, Drone KASKUS, Mini RC KASKUS, Can You Solve This Game (CYSTG), Pisau KASKUS, Badminton KASKUS, Komunitas Sepeda KASKUS, Traveller KASKUS, Outdoor Adventure Nature Club (OANC), Vape KASKUS, Krusher, AAK, KSCK, S3rious, TKKC, Kojak, Sugus, Mio KASKUS community, Hosticus, Karisma On KASKUS, R15SER, Nouvus, Motovlog KASKUS, dan Regional Jabodetabek KASKUS. (koes)