Libur Panjang

Kastara.id, Jakarta – Mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA jelang libur panjang (long weekend) saat memperingati Maulid Nabi Muhammad saw yang jatuh pada Jumat (1/12), PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 11 kereta (KA) tambahan.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengemukakan, kereta tambahan tersebut terdiri dari 10 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir, dan 1 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. KA-KA tersebut akan dioperasikan mulai Rabu, 29 November hingga 4 Desember 2017. 11 KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan antara lain; Solo (2 KA), Bandung (6 KA), serta Cirebon 3 KA.

Total tempat duduk yang disiapkan dalam pengoperasian 11 KA tambahan ini sebanyak 5.192 seat. Sebelumnnya PT KAI sudah menyiapkan 51 perjalanan reguler dengan total tempat duduk 29.344 seat. Perjalanan reguler tersebut diberangkatkan dari Stasiun Gambir sebanyak 26 perjalanan, sedangkan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 25 perjalanan. Dengan hal itu, total perjalanan KA untuk momen liburan kali ini sebanyak 62 perjalanan dengan jumlah tempat duduk sebanyak 34.536 seat.

Minat masyarakat yang tinggi akan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit yakni tanggal 29 November sampai 1 Desember 2017. Berdasarkan data penjualan tiket tanggal 28 November 2017 sampai pukul 15:32 WIB, KA tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan, seperti tujuan Bandung, Cirebon, Tegal, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Sebagian besar KA yang berangkat dari Stasiun Gambir menuju beberapa kota besar diwilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur rata-rata okupansinya sudah di atas 96 persen pada hari Jumat-Sabtu (30 November dan 1 Desember). Adapun KA-KA yang masih tersedia tiketnya seperti KA Argo Parahyangan Premium, KA Argo Bromo Anggrek, KA Sembrani, KA Taksaka, KA Purwojaya, KA Argo Lawu, dan KA Cirebon Ekspress.

Sedangkan KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, pada tanggal 30 November dan 1 Desember 2107, okupansinya berkisar antara 98 persen hingga 100 persen. Sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan bisa diakses melalui online tikecting. (mar)