“Para petugas kebersihan tersebut akan melakukan kegiatan pembersihan dari sebelum dan selama acara malam puncak perayaan tahun baru. Kami akan tergetkan tuntas dan bersih dari sisa sampah pada Senin, 1 Januari 2024 pukul 05.00 WIB. Petugas kebersihan akan terus bersiaga hingga semua sampah tertangani,” ujar Asep di Jakarta seperti dikutip dari Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Jumat (29/12).

Lebih lanjut, Asep mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 3.180 personel yang terdiri dari sopir truk sampah dan petugas pemungut sampah keliling. Selain itu, petugas tambahan dari Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air juga dikerahkan untuk membantu petugas kebersihan berkerja sama dengan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan di setiap wilayah kota.

“Petugas telah disiagakan sejak Ahad, 31 Desember 2023 sore hari. Setelah acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Begitu juga di masing-masing Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu akan kami antisipasi penanganan kebersihannya,” imbuh Asep.

Pada puncak perayaan malam tahun baru di Monas dan sepanjang Jalan Sudirman-M. H. Thamrin, Dinas Lingkungan Hidup juga menyiagakan 500 personel khusus pada sarana dan prasarana berupa 10 unit truk angkutan sampah, 10 bus toilet, dan 20 unit road sweeper untuk melakukan penanganan sampah sebelum, selama, dan sesudah acara.

“Nanti akan ada pengawas kebersihan yang memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik. Mereka melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin, mini dump truck dan motor trail. Kemudian, untuk menunjang kebutuhan toilet pada saat kegiatan, kami berharap para pengelola gedung di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dapat membukakan akses toiletnya untuk masyarakat umum apabila diperlukan,” ujar Asep. (hop)