Kelurahan Tanah Baru

Kastara.ID, Depok – Sejumlah persiapan dilakukan Kelurahan Tanah Baru untuk menghadapi lomba pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB) yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) sejak 23 Maret hingga 18 Mei 2021. Salah satunya mensosialisasikan mengenai kriteria lomba ke warga Tanah Baru.

Lurah Tanah Baru Zakky Fauzan mengatakan, persiapan dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Misalnya ketentuan tentang lomba LRB.

“Kami ingin seluruh warga tahu apa ini LRB. Bukan sekedar lombanya tapi manfaat besar yang bisa didapat karena turut berpartisipasi, Jumat (26/3) kemarin kami sudah melakukan sosialisasi,” katanya seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (29/3).

Dirinya menjelaskan, bersama Ketua TP-PKK Kelurahan Tanah Batu, Karang Taruna, Pokja Sehat dan pemilik usaha di Kelurahan Tanah Baru turun langsung melakukan edukasi kepada warga. Sebab, dalam lomba ada kriteria-kriteria serta inovasi yang harus dilakukan agar dapat unggul.

Lanjut dia, dengan ikut serta masyarakat dalam LRB merupakan bentuk kepedulian kepada lingkungan. Sebab, LRB dapat meningkatkan daya serap air yang baik untuk lingkungan.

“Manfaatnya tidak hanya sebagai resapan air guna mengurangi genangan air di musim hujan. Tapi juga bermanfaat sebagai cadangan air tanah alami di musim kemarau,” tutupnya. (dha)