Nadiem Makarim

Kastara.ID, Jakarta – Arus Survei Indonesia (ASI) menemukan bahwa mayoritas publik menyambut secara positif terobosan yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama masa pandemi Covid-19. Hasil tersebut berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh lembaga tersebut.

“Menurut publik, dari berbagai program inovasi yang dikeluarkan Kemendikbud saat ini cukup menjawab (54,8 persen) tantangan pendidikan selama masa pandemi,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, di Jakarta (29/4).

Sementara 26,1 persen mengatakan tidak cukup menjawab tantangan pendidikan selama masa pandemi. Adapun 19,1 persen mengaku tidak tahu/tidak jawab.

Dari temuan ASI, Ali menyebut bahwa program Bantuan Subsidi Kuota Internet Gratis menjadi program paling banyak memanen respons positif dari publik. Persentasenya mencapai 17,2 persen.

Ali mengungkap bahwa survei nasional ini dilaksanakan pada 21-25 April 2021 dengan cara telesurvei. Metode penarikan sampel Multistage Random Sampling. Jumlah responden 1.000 responden dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ant)