MotoGP Assen 2018

Kastara.id, Assen – Hari pertama MotoGP Belanda di Sirkuit Assen berlangsung dalam cuaca cerah. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil memimpin sesi latihan bebas pertama di pagi hari. Namun di sesi latihan bebas kedua di sore hari ia turun ke posisi tercepat kedelapan.

Hasil lebih buruk didapat oleh rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang hanya mampu finis di posisi ke-11.

“Semuanya masih terkendali, hari pertama kemarin cukup baik karena di Assen kita biasanya sering kesulitan, tapi hasil kemarin cukup baik dan saya mendapat ritme balap yang baik,” kata Marquez setelah sesi berakhir.

Menurut Marquez, ada masalah sedikit pada motornya. Motornya agak tidak stabil, tapi berhasil diperbaiki dengan set-up berbeda.

Marquez mengakui, pada di sore harinya, timnya fokus bekerja untuk balapan, dengan menguji ban kompon keras. Sepertinya semuanya berjalan sesuai rencana walay harus diajuinya bahwa persaingannya memang sangat ketat.

Menurutnya, cuacanya bagus, jadi semua pembalap bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk balapan hari Minggu nanti.

Yang tak kalah pentingnya adalah soal pilihan ban akan menjadi hal sangat penting, terutama untuk ban bagian belakang.

“Kami punya dua opsi yang sangat mirip, itu bisa menjadi keuntungan dan juga bencana. Jadi kami harus memilih dengan baik dan hati-hati,” jelas pembalap Spanyol itu. (lan)