Said Agil Siraj

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) Said Aqil Siradj dikabarkan positif tertular virus corona atau Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Pribadi (Sespri) Said, M Sofwan Erce (29/11).

Sofwan memastikan, Said dalam kondisi sehat dan saat ini tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta. Sofwan juga memohon doa dari semua pihak, terutama pada nahdliyin agar Ketum PBNU bisa menjalani masa penyembuhan dengan baik.

Sofwan menjelaskan, Said dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab pada Sabtu 28 November 2020, pukul 19.30 WIB. Said mengatakan, tertular Covid-19 bukanlah aib. Pasalnya virus tersebut bisa menyerang siapa saja tanpa melihat latar belakang seseorang. Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kabar serupa juga diperoleh dari Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah melakukan tes swab pada Jumat (27/11). Hasilnya Riza dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Saat ini politisi Partai Gerindra itu dalam kondisi sehat dan tengah menjalani isolasi mandiri.

Setelah ditelusuri, Dinkes menyimpulkan Riza tertular Covid-19 dari salah seorang staf yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga. Riza menyebut hal yang menimpanya membuktikan betapa pentingnya upaya penegakan protokol kesehatan. Itulah sebabnya Riza berharap semua warga selalu mematuhi anjuran jaga jarak, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan. (ant)