Kastara.ID, Ricardo Tormo — Pembalap Spanyol, Pedro Acosta, menjadi satu-satunya pendatang baru di MotoGP 2024 nanti.

Acosta sudah mencoba motor MotoGP untuk pertama kalinya di tes Valencia, Selasa (28/11) lalu.

Acosta kemudian menceritakan pengalaman pertama dengan motor MotoGP, yang jauh berbeda dengan motor Moto2.

Perubahan yang sangat dirasakan tentu saja power mesin dan kecepatan yang sangat menakutkan. Bahkan Acosta gemetar dengan kecepatan RC16 milik GASGAS Tech3.

“Sangat senang. Mulai sesi foto pertama di pagi hari jam 9 sampai kecelakaan jam 5, maksudnya saya super bahagia. Saya bisa melihat cara kerja motor MotoGP, cara kerja motor mereka dengan cakram karbon, ban, dan bahan bakar yang cukup sulit diatur,” ungkap Acosta yang dilansir MotoGP.com dan dimuat Crash.net.

“Tapi sangat bahagia. Saya melihat berapa banyak orang dari pabrikan yang datang ke Pit saya setiap kali saya selesai sesi, dan itu cukup bagus,” imbuhnya.

Satu-satunya kelemahan Acosta adalah tip-off kecil di tikungan kedua ketika ia kehilangan bagian depan motor pada jam terakhir sesi.

“Motor ini cepat! Sangat cepat. Memang benar kami tidak start dengan perangkat (holeshot) karena kami ingin memahami apa itu motor MotoGP dan seperti apa transfernya (penyaluran tenaga). Dan dengan perangkatnya, motornya benar-benar berbeda. Itu mulai menjadi kekuatan penuh ketika saya keluar dari tikungan terakhir dan kemudian di lintasan lurus saya gemetar. Itu adalah hari yang sangat baik dan tim banyak membantu saya untuk memahami cara mengendarai motor ini,” impresi pertama Acosta dengan motor MotoGP.

Acosta berhasil menjadi juara dunia Moto2 2023 ini atau di tahun keduanya di kelas menengah. Tahun depan dia akan debut di kelas utama, bertandem dengan Augusto Fernandez, mantan rekannya ketika di Moto2 2022. (tra)