PUG

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menyelesaikan tahap verifikasi lapangan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) Republik Indonesia (RI). Pihaknya pun optimistis mampu menyabet penghargaan tersebut di tingkat mentor.

“Penghargaan tertinggi itu sudah utama, tetapi ada perhargaan satu lagi sebagai pembina yaitu ketika meraih predikat mentor. Nah, harapannya Kota Depok bisa sampai mentor,” ujar Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari usai mengikuti penilain APE di Balai Kota, seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (30/3).

Dikatakannya, Pengarusutamaan Gender (PUG) didukung oleh seluruh Perangkat Daerah (PD) melalui program-programnya. Termasuk para pejabatnya juga sudah diberikan perlatihan agar setiap kegiatan mengacu pada responsif gender.

“Bismillah target bisa dipenuhi, Insya Allah. Tadi saya melihat semua perangkat hadir, mereka mendukung terkait pengarusutamaan gender,” jelas Nessi.

Dia menambahkan, verifikasi lapangan dilakukan secara menyeluruh. Meliputi verifikasi terkait aturan yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok hingga pelaksanaan PUG di lapangan.

“Verifikasi meliputi semua sektor. Mereka ingin melihat apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Depok, baik itu regulasi yang dikeluarkan, kelembagaan dan pelaksanaan di lapangan,” tandasnya. (dha)