Disinfektan

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan, sebanyak 154 orang penghuni parlemen terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, 19 di antaranya merupakan anggota DPR RI.

“Saya sampaikan kepada teman-teman media semua, secara keseluruhan sampai pagi ini, itu 154 orang,” ujar Indra (25/6).

Jumlahnya bertambah dari total 105 orang. Sementara anggota DPR yang positif Covid-19 bertambah dua orang.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan, 10 dari 19 orang anggota DPR sedang dalam proses penyembuhan. Ia tak menjelaskan siapa dan dari fraksi mana saja anggota DPR tersebut. Jumlah ini belum termasuk anggota DPR lain yang menggunakan laboratorium di luar yang difasilitasi DPR.

“Saya perlu jelaskan ya, misalnya dari 19 anggota DPR itu 10 sudah dalam proses penyembuhan. Bahkan tadi pagi saya sudah ketemu beberapa anggota sudah sangat baik,” ujarnya.

Kemudian, jumlah PNS DPR RI yang terpapar sebanyak 36 orang, dua sembuh. Pegawai non PNS dari 44 orang yang terpapar, delapan sudah sembuh. Lalu, tenaga ahli DPR RI yang terpapar sebanyak 23 orang. Serta 32 orang petugas kebersihan positif Covid-19.

Indra menjelaskan, sebagian besar warga parlemen yang terpapar Covid-19 sudah beraktivitas berada di luar Senayan. Baik bekerja dari rumah, atau di daerah pemilihan.

Kata dia, tidak terjadi klaster Covid-19 di DPR. Sebab, yang terpapar sebagian besar bukan di DPR. “Saya mencontohkan, 36 petugas kebersihan itu semua bukan bertugas di lingkungan Senayan. Tapi di rumah jabatan. Itu untuk mengklarifikasi kepada semua pihak bukan di DPR klasternya. Jadi ga usah takut walaupun saat ini rapat-rapat sudah diperketat yang sangat baik kami tetap lakukan sterilisasi ruangan setiap setelah digunakan,” jelas Indra. (rso)